Komisi I: Situs KPU Diretas BSSN Harus Bertindak

RMOL. Wakil Ketua Komisi I DPR Satya Widya Yudha meminta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan tindakan terkait diretasnya situs KPU oleh hacker.

“Kami sudah minta BSSN untuk bergerak dalam hal ini, karena ini mengangkut kredibilitas KPU yang berdampak pada kualitas demokrasi kita,” kata Satya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (3/7).

Sambungnya, bentuk tindakan yang dapat dilakukan oleh BSSN adalah tindakan preventif dan setelah kejadian. Untuk kasus diretasnya situs KPU ini sudah pasti penanganan setelah kejadian.

“Ini kan kaitannya kepada teknologi siber, apalagi dengan kejadian ini akhirnya publik banyak bertanya-tanya soal teknologi yang digunakan oleh lembaga sekelas KPU,” tambahnya.

Dalam situs KPU yang saat ini down, sebelumnya juga ditemukan port milik ITB dan Mortelindo sebagaimana diungkapkan oleh pakar IT dari ITB Hermansyah.

Tudingan itu semakin menunjukkan ketidaknetralan KPU khususnya dalam Pilkada Jabar. Apalagi anggaran yang digelontorkan oleh KPU mencapai triliunan rupiah dalam penyelenggaraan Pilkada ini.

Lanjut Satya, situasi ini harus bisa diselesaikan secepat mungkin agar tidak banyak menimbulkan ketidakpercayakan publik.

“Karena ini berkaitan dengan hasil penghitungan suara maka sudah seharusnya BSSN melakukan tindakan. Dan untuk ke depan tidak terjadi lagi seperti ini,” pungkas politisi Golkar itu. [rus]

http://politik.rmol.co/read/2018/07/03/346185/Komisi-I:-Situs-KPU-Diretas-BSSN-Harus-Bertindak-