Puluhan Warga Plesungan Ikuti Workshop Penanaman Pohon Kelapa

Kapas – Puluhan warga Desa Plesungan tampak memadati Balai Desa Plesungan Sabtu (11/02/2017). Mereka tengah mengikuti workshop tentang penanaman dan perawatan tanaman pohon kelapa yang diadakan oleh Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI.

Kegiatan tersebut di hadiri Bupati Bojonegoro yang di wakilkan, DPRD Bojonegoro dan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

“Iya berhubung KRB akan berulang tahun yang ke-200, jadi kita menggelar kegiatan workshop ini, dan pesertanya membludak, mungkin lebih dari 100,” ujar Bambang Subiyanto, wakil kepala LIPI.

Dalam workshop tersebut para peserta diberikan pelatihan penanaman Kelapa, seperti cara penanaman dan perawatan pohon kelapa. “intinya kita memberikan ilmu pengetahuan terkait tanaman pohon kelapa.

Kegiatan workshop ini diselenggarakan bersaman dengan pembagian ratusan  bibit pohon kelapa kepada masyarakat Desa Plesungan.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha menyampaikan kegiatan ini nanti berharap bisa dikembangkan oleh masyarakat sehingga bisa menjadi penghasil kelapa kembali.

“Dulu Bojonegoro dan Tuban adalah penghasil kelapa banyak namun karena hama dan sulitnya pengembangan kelapa sehingga saat ini sudah semakin tidak ada pohon kelapa,” ujarnya.

Sementara itu Asisten I Pemkab Bojonegoro Djoko Lukito yang mewakili Bupati Bojonegoro menyampaikan Kegiatan LIPI ini tujuannya sama untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di bojonegoro dan untuk membantu kesejahteraan masyarakat Bojonegoro.

Djoko berharap dalam peningkatan pembelajaran pembibitan kelapa ini bisa dikembangkan di mayarakat Bojonegoro. “Jangan sampai selesai pelatihan ini langsung selesai, harus di kembangkan kembali agar bisa meningkat,” katanya.

https://beritabojonegoro.com/read/9807-puluhan-warga-plesungan-ikuti-workshop-penanaman-pohon-kelapa.html